Jl. Perintis Kemerdekaan Km 14 No.202 Daya-Makassar Tlp 0411-512568

-

PELAYANAN CEPAT, TEPAT & CERMAT

Memberikan Pelayanan dengan Cepat, tepat dan cermat

Menyediakan hanya pruduk obat yang terjamin keasliannya

Melayani konsultasi informasi obat

Melayani Pesan antar Resep

Melayani Pemeriksaan Kolesterol, Gula Darah, Asam Urat




Jumat, 09 September 2011

AKREDITASI RUMAH SAKIT POKJA FARMASI

Selamat datang para pejuang Pelayanan Farmasi Rumah sakit di Seluruh Indonesia. Di era persaingan bebas yang semakin ketat ini, bagi suatu rumah sakit kualitas pelayanan merupakan suatu keharusan dan tidak bisa dikompromi lagi. Seperti kita ketahui bersama bahwa pasar bebas ASEAN sudah dimulai sejak awal 2010. Kelak, bukan suatu hal yang aneh jika rumah sakit-rumah sakit dari luar negeri berada ditengah-tengah kita dan menguasai pelayanan kesehatan serta lebih diminati oleh masyarakat karena mereka memiliki pelayanan kesehatan kualitas dunia. Dan apabila kita tidak berubah dalam hal peningkatan kualitas pelayanan, maka kita juga akan tergilas oleh perubahan jaman itu sendiri. Salah satu usaha didalam meningkatkan kualitas pelayanan kita terhadap masyarakat adalah dengan selalu memperbaiki kinerja dan sistem yang ada di rumah sakit kita masing-masing. Dan salah satu caranya adalah dengan penilaian akreditasi rumah sakit oleh pihak yang berwenang, dalam hal ini adalah KARS (Komite Akreditasi Rumah Sakit). Akreditasi rumah sakit merupakan pengakuan pemerintah pada rumah sakit karena telah memenuhi standar yang ditentukan. Akreditasi juga merupakan pengakuan publik melalui badan nasional akreditasi RS (KARS) atas prestasi RS dalam memenuhi standar akreditasi yang dibuktikan melalui "assement" yang independent. Salah satu syarat dari sebuah RS yang baik adalah adanya pengakuan/akreditasi pemerintah. Yang menjadi masalah adalah "Bagaimana memulainya?". Ya, pertanyaan itu menyelimuti kita sebagai rumah sakit yang hendak melangkah menuju "Terakreditasi Penuh". Jika Anda ingin mengetahui caranya, silahkan baca penjelasan berikut ini sampai tuntas. Memang, untuk menjadi sebuah rumah sakit yang terakreditasi A atau terakreditasi penuh bukanlah suatu hal yang mudah, bahkan boleh dikata 'sangat sulit'. Mengapa? Pertama, untuk dapat dinilai atau disurvey kelayakannya oleh KARS minimal kita mempunyai 5 pokja yang siap untuk disurvei keseluruhan, terutama dari kelengkapan dokumennya. Itupun nantinya baru terakreditasi tingkat dasar Kedua, scope rumah sakit yang sangat luas, yang mengusung 3 instalasi besar, yaitu rawat jalan, rawat inap dan kamar operasi. Serta beberapa instalasi pendukung seperti : Rekam Medis, Laborat, ISPRS, Radiologi, Gizi, Sanitasi dan lain-lain Ketiga, tenaga yang terlibat dalam jumlah yang sangat besar, sehingga harus sering koordinasi, sosialisasi, deseminasi dan sebagainya Keempat, protap, kebijakan, alur dan sop yang begitu banyak dan beragam yang memberatkan beban kerja masing-masing pokja didalam memilah-milah dan mengelompokkan arsipnya berdasarkan standar dan parameter (itupun bagi yang dokumennya sudah lengkap) Kelima, Jumlah pokja yang cukup banyak yang menaungi semua instalasi di rumah sakit dengan karakteristik standar dan parameter masing-masing pokja yang unik dan berbeda satu sama lainnya. Seperti : Pokja Admin & Men, Pokja Keperawatan, Pokja Kamar Operasi, Pokja K3, Pokja Peristi, Pokja YanMed, Pokja Laborat, Pokja Radiologi, Pokja Inos, Pokja Rekam Medik, Pokja UGD dan lain-lain Keenam, Meskipun dokumen yang Anda miliki sudah lengkap, ternyata masih banyak pekerjaan menumpuk setelah itu. Misalnya penyesuaian dokumen dengan tanggal pelaksanaan kegiatan, kelengkapan tanda tangan, daftar hadir, undangan, dan penyesuaian lainnya. Salah satu Aspek yang sangant menentukan dalam kontribusi pencapaian standar penilaian adalah dokumen yang berkaitan dengan pelayanan farmasi, selain karena peran strategis dalam kepengelolaan sebuah rumah sakit, farmasi juga sering dianggap sebagai penyumbang point tertinggi dalam penilaian, dengan catatan dokumen dapat dipersiapkan dengan cermat dan lengkap. Berlatar belakang seorang apoteker, yang bertugas di Instalasi Farmasi di Rumah sakit kami bekerja, kami memahami betul betapa sulit untuk menyusun sejumlah dokumen yang berkaitan dengan pokja farmasi dimana kami tergabung di dalamnya. atas dasar itulah kami berinisiatif melalui blog ini untuk membagikan tips dan trik serta dokumen pembanding dalam menyiapkan penilaian dokumen Pokja Farmasi.Pokja Farmasi merupakan pokja dengan standar yang cukup banyak, yaitu 7 Standar. Standar 1. Falsafah dan tujuan pelayanan farmasi Standar 2. Administrasi dan Pengelolaan Standar 3. Staf dan pimpinan Standar 4. Fasilitas dan Peralatan Standar 5. Kebijakan dan Prosedur Standar 6. Pengembangan Staf dan Program Pendidikan Standar 7. Evaluasi dan Pengendalian Mutu Format dokumen dalam bentuk MS Word sehingga mudah didalam editing . Untuk mendapatkan model dokumen beserta konsultasi dapat menghubungi dapat menghubungi kami 08124252362. Jaya Farmasi........ Terima Kasih.

1 komentar: