Jl. Perintis Kemerdekaan Km 14 No.202 Daya-Makassar Tlp 0411-512568

-

PELAYANAN CEPAT, TEPAT & CERMAT

Memberikan Pelayanan dengan Cepat, tepat dan cermat

Menyediakan hanya pruduk obat yang terjamin keasliannya

Melayani konsultasi informasi obat

Melayani Pesan antar Resep

Melayani Pemeriksaan Kolesterol, Gula Darah, Asam Urat




Jumat, 25 Mei 2012

7 Kriteria dari Malcolm Baldrige National Quality Award    Oleh : Ria Felissa Jumat, 12 November 2010 16.40 WIB (Vibizmanagement - Strategic) - Malcolm Baldrige National Quality Award adalah sejenis penghargaan tahunan yang diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat kepada setiap organisasi di Amerika Serikat (baik profit dan non profit), yang dianggap mencapai kinerja yang istimewa atau excellent. Malcolm Baldrige sendiri diambil dari nama mantan Menteri Perdagangan AS yang menginisiasi kegiatan penghargaan ini. Penghargaan tahunan ini mulai diperkenalkan tahun 1988 dan telah memberikan kontiribusi yang signifikan untuk peningkatan mutu dan kinerja bisnis. Sejalan dengan hal tersebut, tidak sedikit Negara-negara yang mengadopsi pendekatan dan kriteria yang digunakan oleh komite Malcolm Baldrige untuk mengukur keunggulan kinerja. Kriteria yang mereka gunakan dikenal juga sebagai 7 Pilar Malcolm Baldrige. Dimana 7 kriteria ini memang sangat berperan dalam menentukan keberhasilan sebuah organisasi (mencakup organisasi bisnis maupun publik). Berikut 7 Kriteria dari Malcolm Baldrige : Pertama adalah LEADERSHIP Kriteria ini ingin melihat bagaimana para pemimpin dapat menampilkan kapasitasnya : seperti bagaimana menetapkan visi dan tujuan organisasi, kemudian mengkomunikasikannya kepada setiap anggota. Apakah para pemimpin Anda memiliki kecakapan untuk mengelola dan menginspirasi anak buahnya untuk mencapai keunggulan kinerja. Kedua adalah STRATEGIC PLANNING Kriteria ini ingin melihat bagaimana proses perumusan strategi ditetapkan di lingkungan kantor Anda. Apakah isi atau contain dari strategi itu sudah dapat meresponi dinamika perubahan lingkungan bisnis? Apa strategi yang telah di rumuskan atau tetapkan oleh perusahaan Anda saat ini ? Apakah semua karyawan sudah mengetahui apa yang menjadi peta strateginya ? Ketiga adalah CUSTOMER FOCUS Pada kriteria ini yang ingin di lihat, apakah produk dan layanan yang disediakan oleh organisasi Anda sudah baik dan memuaskan ? Atau hanya bermutu ala kadarnya? Apakah produk atau layanan yang dibentangkan oleh kantor Anda selalu inovatif dan uptodate ? dan membuat para pelanggan bisa puas? Atau sebaliknya tidak puas karena kualitas yang pas-pasan? Keempat adalah PERFORMANCE MEASUREMENT Apakah para pemimpin sudah memiliki key performance indicators (KPI) yang jelas dan terukur? Dan apakah key indicators itu selalu di evaluasi secara periodik untuk melihat progress dan mengambil corrective action (jika targetnya meleset) ? Pengelolaan kinerja dengan indikator yang jelas merupakan salah satu tanda munculnya performance-based culture yang kuat di sebuah organisasi. Kelima adalah PEOPLE FOCUS Yaitu seberapa jauh perhatian dan komitmen organisasi Anda terhadap pengembangan mutu SDM-nya? Pada kriteria ini, salah satu yang ingin di lihat, apakah organisasi telah memberikan skema reward yang jelas ? Apakah terlihat carrier path atau carrier planning yang jelas ? Kebijakan people fokus merupakan faktor yang penting untuk segera di evaluasi keberadaannya Keenam adalah PROCESS MANAGEMENT Kriteria ini ingin mengukur bagaimana organisasi Anda mendesign dan mengelola proses kerja utama ? Apakah setiap alur proses sudah di design dengan efisien ? Atau masih banyak proses kerja yang terlalu birokratis, tidak saling terkoordinasi dengan baik, dan justru menimbulkan banyak “persaingan” diantara berbagai unit kerja atau department karena proses yang tumpang tindih dan terjadi redundant ? Ketujuh adalah RESULT Kriteria ini ingin melihat bagaimana hasil akhir kinerja organisasi : apakah makin kompetitif, makin efektif, dan makin cemerlang kinerja dari seluruh aspek organisasinya? Tidak dapat dihindari bahwa kriteria ini menjadi tujuan akhir dari setiap organisasi, ini seperti senjata pamungkas yang akan menentukan keberhasilan atau kegagalan sebuah organisasi. Hasil adalah pencapaian dan tolak ukur untuk penetapan sebuah strategi. 7 kriteria ini diharapkan dapat membantu organisasi yang ingin melakukan proses transformasi menuju ke arah yang lebih tinggi. Artinya, 7 kriteria diatas dapat digunakan sebagai peta untuk merumuskan action plan-nya. Karena itu tetapkan apa yang akan Anda buat untuk organisasi atau perusahaan Anda. Semoga 7 kriteria diatas dapat segera di susun rencananya (action plan nya) dan bagaimana dengan implementasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar